Friday, May 06, 2016

Langkah Setelah Melakukan Custom Domain Blogger

6 comments

Langkah Selanjutnya Setelah Melakukan Custom Domain di Blogger - Agar blog cepat terindeks mesin pencari dan memulihkan Ranking Blog.


Selamat ya buat teman-teman yang sudah melakukan custom domain di Blogger. Kini blog-nya semakin kece setelah menggunakan nama domain milik sendiri. Emmm tapiii...sepertinya masih ada lagi PR yang harus dilakukan setelah melakukan custom domain...  Ayo kita selesaikan dulu biar ngeblog-nya makin asik :D

custom domain

Eh ya, Apa itu custom domain?
Saat mendaftar di blogger.com kita akan diberikan url sebagai alamat blog menggunakan subdomain default blogspot.com misalnya namasaya.blogspot.com

Dengan melakukan custom domain artinya kita menggunakan domain milik sendiri untuk digunakan sebagai alamat blog, menggantikan alamat yang sebelumnya. Misalnya blog yang tadinya menggunakan  subdomain blogspot.com diganti dengan domain TLD (.com .net .org .me dan lainnya) milik sendiri. Misalnya namasaya.com , namasaya.net atau namasaya.me.

Kita bisa mendaftarkan domain melalui penyedia registrasi domain dengan harga dan ketentuan yang berbeda antara satu registrar dengan yang lain.
Carilah penyedia domain yang memiliki reputasi baik dan memberikan hak akses sepenuhnya untuk mengelola domain yang kita miliki. Karena ada juga penyedia domain yang membatasi kita dalam mengelola domain. Hindari penyedia domain yang seperti itu.

Untuk blog saya ini, registrasi domain saya lakukan melalui Domainesia. Selain harganya yang murah dan wajar juga diberikan kebebasan mengelola domain. Prosesnya pun tidak lama, kurang dari 15 menit setelah konfirmasi pembayaran domain sudah aktif. Katakan saja pada CS-nya bahwa domain tersebut kita gunakan untuk ngeblog di Blogger, mereka akan membantu melakukan settingan yang diperlukan.

Apa manfaat melakukan custom domain?

Banyak sekali manfaat menggunakan custom domain, antara lain blog menjadi lebih personal, mudah diingat dan tampak di-manage dengan serius. Selain itu sangat baik untuk bersaing di mesin pencari.

Adakah dampak negatif saat pergantian blog menjadi custom domain?

Tentu ada...
Dampak dari pergantian domain hasil yang selama ini diperoleh otomatis kembali ke awal layaknya sebuah blog baru. Say good bye to Page Rank, Alexa, back link dan sebagainya.

Jangan khawatir, mundur selangkah untuk maju sepuluh langkah.

Lakukan beberapa langkah mudah dibawah ini...


1. Ganti Template (opsional )
Bagi yang sudah bosan dengan template dan ingin mengganti template inilah saat yang tepat. Pilih template yang anda sukai. Rata-rata template saat ini telah responsive dan mendukung pada semua device. Namun tidak ada salahnya memastikan pengecekan di Responsive Checker .

Bagi yang peduli dengan SEO, selain responsive, pilihlah template yang ringan dan memiliki format schema structure data yang tepat. Hindari template yang memberikan banyak error pada format struktur datanya.

Untuk mengecek struktur data template silahkan gunakan tools dari  Google Structure Testing Tool
 
Mengukur pagespeed dan ukuran template bisa menggunakan tools di  GTMetrix

Untuk mengetahui struktur header sekaligus mini SEO report bisa menggunakan tools di  Chkme

Note : sebaiknya hindari mengunduh template dari pihak ketiga. Unduhlah template langsung dari blog/website designernya. Karena biasanya template dari pihak ketiga sudah ditambah link-link milik mereka. Hampir semua link tersebut dofollow.

Setelah itu kita...

2. Submit ke Webmaster Tool (wajib)

Setelah beres-beres template, kini saatnya daftar atau login ke Google Webmaster Tools untuk verifikasi kepemilikan domain blog. Gunanya agar blog kita lebih cepat di-crawl dan di-index oleh Google. Saat melakukan verifikasi akan diberikan beberapa pilihan cara metode verifikasi, pilihlah verifikasi domain menggunakan kode meta tag yang diberikan. Contoh kode yang akan diberikan seperti berikut :
< meta content='kodeunik' name='google-site-verification'/ >
Copy dan salin kode tersebut sebelum kode < /head > pada template blog. Caranya dengan masuk ke dasbor > template > edit html. Setelah itu save template dan klik verifikasi di Google Webmaster.

Setelah sukses melakukan verifikasi, lalu submit alamat blog.
Lihat tab sebelah kiri pada Crawl > Fech as Google. Klik Fetch lalu submit ke index. Akan ada 2 pilihan, pilihlah sesuai keinginan.
Fech as Google
Setiap memposting artikel, jangan lupa submit URL-nya.


3 - Submit Sitemap Blog.

Masih di Google Webmaster Tools , pilih bagian Crawl > Sitemap > add sitemap

Cukup dengan mengetikkan : sitemap.xml pada kotak add sitemap

Bisa juga menggunakan : feeds/posts/default?orderby=UPDATED 
atau:  atom.xml

Silahkan pilih salah satu.



4 - Submit ke Google Analytic

Selanjutnya submit ke Google Analytic. Kita akan diberikan kode tracking seperti "UA-kodeunik-1"  . Setelah mendapatkan kode tracking, kita kembali ke dasbor blogger, lalu > setting > others > Google Analytic -dan masukkan kode yg diberikan. Simpan dan kembali ke Google Analytic, lalu klik verifikasi.

Submit juga ke beberapa layanan mesin pencari seperti Bing Webmaster Tools. Gunakan juga layanan ping seperti Pingomatic. Caranya kurang lebih sama.


5. Update artikel

Rajinlah mengupdate artikel secara berkala agar domain kita akrab dengan robot pencari dan blog kita cepat terindex.


6 - Bagikan artikel ke Social Media

Layanan social media seperti Facebook, Twitter, Pinterest , Instagram, GooglePlus dan lainnya sangat membantu dalam penyebaran link agar blog kita semakin dikenali dan mendatangkan banyak pengunjung. Selain itu nama domain semakin akrab dengan mesin pencari.


7 - Kunjungan Blog Walking

Ini penting agar teman-teman blogger mengetahui alamat blog baru kita,  apalagi jika pernah melakukan pertukaran link antar teman. Link lama bisa cepat diganti dengan alamat nama domain blog kita yang baru. Selain itu agar traffic / kunjungan bertambah melalui alamat domain yang baru.


8 - Bersabarlah dan tekun

Hasil dari kesabaran dan ketekunan adalah kesuksesan. Maka lakukanlah langkah diatas dengan sabar dan tekun. Semoga dalam waktu yang tidak lama, rangking blog akan pulih kembali.


Demikianlah beberapa langkah setelah kita melakukan custom domain di Blogger.
Semoga bermanfaat, jika ada koreksi ataupun saran silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Terima kasih :)

Salam,

Mama Keizha
Unknown
Unknown

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

6 comments

Adriana Dian May 07, 2016 10:08 am

Maaaaak bermanfaat sekali ini sharingnyaaa. Yang Google webmaster tool langsung aku praktekin.. Makasi banyak infonya ya Maaaaak

Yulie May 07, 2016 7:10 pm

iya maaak sama2...biar makin kece blog mak Dian yeeeay

Ophi Ziadah May 09, 2016 3:31 pm

waah makasih sharingnya mbak. btw katanya klo fetching ga boleh sering2 ya mbak nanti disangka google spam apa gitu yaa

Yulie May 10, 2016 1:24 am

kalo aku fetching setelah selesai publish artikel doang mbak... itu pun fetching dan submitnya cuma 1x per-artikel

Susan May 13, 2016 11:27 pm

Kebanyakan teman2 menggunakan platform blogspot ya mak...
Kebeneran saya pake wp, agak2 sepi yang posting beginian. Terima kasih share link nya ya. I should know what to do after I bought the domain.

Yulie May 14, 2016 1:12 am

iya sih mak, mungkin karena blogspot admin panelnya lebih sederhana dari WP.. Saranku sih kalo memang mau ganti domain lebih baik sekalian hijah ke WP selfhosting daripada cuma custom domain..

^sama2... terima kasih juga kunjungannya mak ^_^

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁