Monday, May 02, 2016

Cara Mencegah Penyakit Diabetes atau Penyakit Kencing Manis

10 comments

Cara Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Diabetes (Kencing Manis) -


Cara Mencegah Diabetes dan Cara Mengendalikan Diabates


Assalamulaikum pembaca...
Salam sejahtera, semoga semua makhluk hidup berbahagia

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah apotik. Waktu itu saya sedang membeli obat untuk Keizha yang bodynya lagi not delicious (gak enak badan) . Teman itu menegur saya duluan, hampir saja saya tak mengenalinya. Jelas saya pangling, dulu dia terkenal dengan badannya yang gemuk, tapi waktu kami jumpa saat itu sama sekali berbeda. Badannya sangat kurus. Setelah berbincang, barulah dia menceritakan bahwa dia terkena Diabetes...

Menurut Persatuan Diabetes Indonesia, lebih dari 6 juta penduduk Indonesia mengidap penyakit yang sering juga disebut kencing manis ini. Diabetes.

Jika sering merasa haus, lelah berlebihan, sering buang air kecil, hilang nafsu makan, sering mual dan muntah, serta berat badan turun drastis... Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi itu adalah Diabetes.


Apa penyebab Diabetes?

Penyebabnya belum begitu jelas, namun faktor keturunan dan pola makan atau diet yang tidak tepat bisa menjadi penyeban penyakit ini. Terjadi ketika hormon insulin yang dihasilkan pankreas tidak mencukupi atau tidak dapat digunakan oleh tubuh, sehingga kadar gula darah pun meningkat.

Diabetes ada dua jenis. 
1. Yang tergantung Insulin, jenis ini biasanya terjadi pada orang yang berusia muda. Gejalanya dengan tiba-tiba.
2. Yang tidak tergantung pada Insulin, biasanya banyak diderita oleh orang yang berusia 40 tahun keatas. Gejalanya terjadi perlahan-lahan. Banyak diderita oleh orang yang berbadan subur alias gemuk serta ibu hamil.

Diabetes sering membawa komplikasi pada penyakit lain jika tidak segera diatasi. Misalnya jantung, kelumpuhan, stroke, penyakit ginjal, impotensi , bahkan kebutaan. 

Bagaimana mencegah dan mengendalikan Diabetes?

Mencegah diabetes yang paling gampang namun membutuhkan tekad yang kuat adalah dengan cara menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Menghindari merokok dan melakukan olah raga yang teratur. Yang ringan-ringan saja, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang atau yang sesuai dengan minat dan umur. Olah raga teratur misalnya 3 atau empat kali seminggu bisa mengurangi kadar gula.
Namun jika sudah terkena Diabetes pengendaliannya dilakukan dengan memberikan Insulin dan pengaturan pola makan.

Melakukan diet untuk mencegah diabetes bukan berarti harus diet gila-gilaan. Diet yang salah kaprah dengan menggunakan obat-obatan justru dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit yang lainnya.  Lakukanlah diet sehat, agar penyakit diabetes bisa dicegah dan terkendali...

Diet sehat untuk penderita Diabetes... berat tapi apa boleh buat, pilih sehat atau disuntik cuy?
  1. Jangan banyak mengkonsumsi yang manis-manis. Hindari mengkonsumsi gula putih/ gula merah, selai, minuman ringan yang banyak kadar gula seperti sirup atau sari buah yang dijual dipasaran. Sebagai gantinya bisa dengan gula khusus penderita diabetes.
     
  2. Perbanyak mengkonsumsi buah , 3 - 4 posri secara teratur. Berbagai buah segar dapat dimakan, seperti apel, pisang, nanas, semangka, mangga, sawo, belimbing.
     
  3. Pilih makanan yang bisa memperlambat proses pencernaan karbohidrat, seperti jagung, daun singkong, kangkung, kentang atau ubi. Sehingga gula keluar lebih lambat dan berkadar ringan.
     
  4. Jika ingin minum susu, pilihlah susu kedelai, yogur atau keju.
     
  5. Bagi yang suka mengkonsumsi kulit ayam ini mungkin ini agak berat, tapi sebaiknya buanglah dulu kulit ayam sebelum dimasak. Kurangi memakan segala macam daging olahan seperti sosis atau salami.
     
  6. Hindari makanan yang menggunakan santan, atau segala jenis makanan yang berbahan baku kelapa. Kurangi juga kue, biskuit, makanan siap saji, coklat, kerupuk kentang, dan segala makanan yang digoreng.
     
  7. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam atau makanan yang asin, seperti ikan asin dan lainnya.

 Nah pilih mana... Mulai mengurangi makanan yang bisa memicu diabetes, atau dipaksa harus hindari? Semoga tulisan Cara Mencegah Penyakit Diabetes atau Kencing Manis ini bermanfaat bagi kita semua.
Unknown
Unknown

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

10 comments

eri udiyawati May 04, 2016 7:20 am

Aduuh.. suka sekali kulit ayam :( :(
Enak banget kalau digoreng crispy :)

Ophi Ziadah May 04, 2016 12:03 pm

intiny hidup sehat ya mbaa...
godaannya lumayan nih klo yg biasa makan "yg enak2"

Mariana May 04, 2016 7:01 pm

hidup sehat mulai sedini mungkin ya mak, biar bisa menghindari penyakit2 yang datang

Yulie May 04, 2016 11:19 pm

emang enak tp kolesterolnya maaak -__-

Yulie May 04, 2016 11:23 pm

alert bagi yg biasa review kuliner :))

Yulie May 04, 2016 11:25 pm

betul sekali mak, apalagi jaman sekarang banyak makanan yg gak jelas bahannya dari apa...

Adriana Dian May 05, 2016 8:44 pm

Waaaah bagus banget infonya Maaaak. Kebetulan aku ada turunan diabetes niiih. Huhuu. Mulai sekarang harus mesti mengurangi gula dan kolesterol plus rajin-rajin olahraga juga yaaa. Huhuhuu

Yulie May 06, 2016 4:19 am

Iya mak harus rajin olahraga dan banyak makan buah, kurangi berburu kuliner lezat hihihi

fanny fristhika nila May 07, 2016 4:06 am

jd sbnrnya makanan yg asinpun bisa memicu diabetes ya mbak... aku sbnrnya ga terlalu suka jg makanan/minuman manis.. slama ini kalo makan di luar pasi lbh milih air putih.. tapi suami yg susah bgt :(.. dia dan keluarganya itu spertinya punya motto, air putih itu bukan minuman.. jd mereka lbh suka minum yg berasa.. baru setelah nikah ama aku, aku paksa bgt dia minum air putih..

ada 1 temenku mbak, suaminya baru2 ini meninggal, krn diabetes. dan penyebabnya, krn di kantor dia kerja (salah satu perusahaan soft drink), semua karywan katanya ga disediain air galon, tapi malah soft drink anytime. bisa bayangin ga apa akibatnya? tiap hari minum soft drink, pagi siang malam, ya diabtes lah :(. dan skr suaminya meninggal. kalo kerja di tempat bgitu mah, aku bakal bawa air minum sendiri.. ga sudi bgt minumin air manis bgitu tiap saat -__-

Yulie May 07, 2016 6:26 pm

Innalillahi wainna illaihi rojiun... berarti memang berbahaya sekali sering mengkonsumsi soft drink itu ya...

aku juga lebih suka air putih, rasanya lebih segar kalo kita lagi haus... beda dengan softdrink walo dingin dan segar setelah minum rasa hausnya makin nambah... apalagi saat panas terik.

mending minum air putih deh..

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁