Showing posts with label healthy. Show all posts
Showing posts with label healthy. Show all posts
Showing posts with label healthy. Show all posts
Showing posts with label healthy. Show all posts
Friday, March 31, 2017

26 comments
Dampak Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin

Virus Zika adalah virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk jenis Aedes. Dapat menular melalui hubungan seksual dan membahayakan janin yang dikandung oleh ibu hamil.

Belakangan ini virus Zika begitu santer terdengar beritanya.

Virus Zika ditularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk jenis Aedes ( Aedes aegypti dan Aedes albopictus) dari penderita yang terlebih dahulu terinfeksi Virus Zika.  Nyamuk penyebar virus Zika banyak hidup digenangan air, didalam mau pun luar ruangan, aktif siang dan malam hari. Virus Zika masih satu keluarga nyamuk Demam Berdarah (Dengue).


Dampak Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin

Selengkapnya
Sunday, March 26, 2017

31 comments
Mitos dan Fakta Seputar Rambut Uban

Banyak mitos dan fakta seputar rambut uban, mana yang benar mana yang salah?

Berikut beberapa mitos dan fakta tentang rambut uban yang paling banyak dibicarakan.


mitos dan fakta seputar rambut uban


Yang dimaksud rambut uban disini adalah tumbuhnya helai-helai rambut berwarna kelabu atau putih diantara helai rambut hitam.


Beragam reaksi jika seseorang melihat ada rambut uban di kepalanya.

Reaksi yang paling banyak tentu.. "aah aku sudah tua?" .

Reaksi umum lainnya adalah "lho kok ada uban?" padahal usia masih muda.

Mitos dan Fakta Rambut Uban.

1. Rambut uban hanya ada pada orang berusia lanjut? - SALAH
Pada umumnya rambut uban merupakan salah satu tanda dari bertambahnya usia.
Hal ini disebabkan seiring dengan menuanya tubuh, kerja dari sel pigmen (sel yang memberi warna pada kulit dan rambut)  yang ada pada akar rambut pun semakin lambat.

Pada umumnya, tumbuhnya uban pada wanita dimulai pada usia sekitar 35 tahun dan pada pria sekitar 30 tahun. Namun hal ini tentu berbeda antara satu orang dengan yang lainnya sehingga tidak bisa dijadikan tolok ukur yang tepat.

Saat ini orang malah cenderung sudah beruban pada usia yang masih relatif muda.

Faktor yang patut menjadi pertimbangan adalah adanya perubahan pada gaya hidup.
Misalnya stress yang tinggi, perubahan pada asupan makanan, serta menurunnya mutu lingkungan. Selain hal tersebut, faktor genetik (keturunan) juga memegang peranan penting.


2. Uban tidak boleh dicabut bisa membuat tumbuh uban yang lebih banyak.  - SALAH
Tumbuhnya uban karena berhenti atau melambatnya kerja sel pigmen pada akar rambut.
Tidak ada perbedaan dicabut atau tidak uban tersebut tetap akan tunbuh uban di tempat sel pigmen berhenti bekerja.


3. Syok atau stres dapat menyebabkan tumbuh nya uban. - BENAR
Tekanan emosional yang tinggi dapat menyebabkan tumbuhnya uban. Hal ini terjadi karena pada saat adanya keadaan darurat, dalam hal ini syok atau stres, tubuh secara otomatis memperlambat fungsi kerja organ-organnya untuk memprioritaskan kerja organ yang vital seperti paru, jantung dan otak.

Jika anda mengalami syok atau stress yang hebat, aliran darah ke akar rambut pun terhenti. Akan tetapi sangat jarang, bahkan mustahil, uban tumbuh secara mendadak dalam satu waktu tertentu, bagaimana pun hebatnya stres dan syok yang terjadi. Biasanya uban ini akan tumbuh secara perlahan.


4. Uban biasanya memiliki tekstur yang berbeda dibanding rambut biasa. - BENAR
Umumnya uban memiliki tekstur yang lebih kasar dan kering karena seiring dengan melambatnya sel pigmen, produksi kelenjar minyak yang berfungsi untuk melembutkan rambut pun menjadi lebih lambat.

Untuk merawat rambut yang beruban, gunakan conditioner ketika keramas.

Sesekali luangkan waktu untuk menggunakan masker rambut (hair mask). Gunakan masker ini pada rambut yang kering dan bungkus dengan handuk hangat atau dengan topi plastik (shower cap) agar benar-benar meresap. Tunggu selama kurang lebih satu jam dan bilas seperti biasa. Gunakan tonik rambutyang khusus untuk rambut beruban sebelum menata rambut.


5. Terlalu sering mewarnai rambut akan menyebabkan tumbuhnya uban? - SALAH
Mewarnai rambut tidak akan menyebabkan tumbuhnya uban dan tidak menyebabkan uban tumbuh lebih banyak.

Jika ingin mewarnai atau menghitamkan uban, sebaiknya anda lakukan tes dahulu. Karena kondisi uban yang berbeda dengan rambut biasa (lebih kasar dan porinya lebih besar) akan mempengaruhi daya serap pewarna rambut pada uban tersebut.

Dengan kondisi tersebut rambut uban akan lebih banyak menyerap pewarna rambut dan akan menghasilkan warna yang lebih terang dibanding bagian lainnya.


6. Timbulnya uban biasanya diikuti dengan kerontokan rambut? - BENAR
Kerontokan rambut biasanya disebabkan oleh terhambatnya saluran pori pada kulit kepala dan juga karena berhentinya fungsi kerja akar rambut. Hal ini biasanya terjadi seiring dengan berhentinya kerja sel pigmen.

Proses tersebut umum terjadi pada usia lanjut. Akan tetapi, kerontokan yang dibarengi dengan uban ini bervariasi pada setiap orang, sehingga tidak setiap orang yang beruban mengalami kerontokan rambut.


Nah sekarang tentu timbul pertanyaan...
Bagaimana cara mencegah tumbuhnya rambut uban?

Selengkapnya
Wednesday, March 01, 2017

14 comments
Awas! Kekurangan Vitamin ini bisa sebabkan gangguan pada Janin.

Resiko kekurangan vitamin dapat menghambat pertumbuhan dan bisa memicu kelainan pada janin (cacat bawaan hingga keguguran).

 
Awas! Kekurangan Vitamin ini bisa sebabkan gangguan pada Janin

Kehadiran buah hati tercinta di tengah keluarga pasti sangat didamba oleh setiap pasangan terutama yang baru saja menikah.  Kehamilan pertama adalah saat yang paling membahagiakan, mendebarkan sekaligus "menyiksa" yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari rasa mual, malas makan, sensitif terhadap aroma tertentu dan sebagainya yang merupakan bawaan natural yang berbeda beda pada setiap wanita hamil.

Baca juga : Dampak Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin

Sedikit share pengalaman pribadi...
Dulu saat kehamilan pertama, saya merasakan yang namanya malas makan, konon pula minum susu dan vitamin. Alhasil akibat menuruti rasa malas  itu, kehamilan pertama saya mengalami keguguran. Ditambah saat kehamilan saya berumur 1,5 bulan saat itu terjadi bencana gempa yang cukup dahsyat yang mengguncang kami yang ada di Sumatera dan sekitarnya. Beberapa ibu sepuh saat terjadi gempa menyuruh saya duduk saat gempa mengguncang karena sedang hamil, tapi tidak saya lakukan. Ntahlah ada hubungannya atau tidak, karena ada kabar beberapa ibu hamil bahkan ada yang telah memasuki 5 bulan masa kehamilannya juga mengalami keguguran. Wallahualam, tentu saja itu memang sudah takdir Illahi.

Dokter yang menangani saya saat itu menjelaskan, kandungan saya tidak berkembang akibat "malas makan", kekurangan vitamin dan ogah minum susu.

Wanita hamil membutuhkan vitamin ekstra. Kombinasi menu makanan amat penting bagi ibu dan janin, karena ibu hamil membutuh vitamin lebih banyak untuk menjaga kondisi tubuhnya dari pembentukan organ janin. Kekurangan vitamin dapat menghambat pertumbuhan dan bisa memicu kelainan pada janin (cacat bawaan atau keguguran)

Ya, saat itu rasanya sangat susah untuk menelan walau pun hanya sesendok nasi, sepotong buah atau makanan yang mengandung sayuran.  Rasanya langsung mual. Saya langsung menyerah dengan keadaan. Tidak mau makan, minum susu, makan buah dan sayuran. Gantinya saya hanya ngemil snack dan makanan ringan yang dijual di toko seperti potato chips dan lainnya.

Setahun setelah kegagalan pada kehamilan pertama, Alhamdulillah saya dikaruniakan lagi kehamilan oleh Allah SWT. Berdasarkan "kesalahan sebelumnya" kali ini saya benar-benar melawan rasa malas yang ada. Walau pun rasanya ntah bagaimana namun apa yang disarankan dokter saya lakukan, apa yang dinasehatkan "orang orang tua" saya terapkan. Rutin minum susu, makan makanan yang mengandung sayuran, konsumsi berbagai vitamin, dan menjauhi cemilan yang mengandung zat pengawet. Dari mulai air tahu, air kelapa muda, sampai susu kedelai pun saya sikat walau dengan ekspresi ngos ngosan penuh penderitaan :))

Dan Alhamdulillah, saya melahirkan Keizha yang sehat dan lucu dengan berat 4,2 kg dan panjang 53 cm secara persalinan normal. Memang tadinya suami ingin saya melakukan cesar saja, tapi saya ingin secara normal dan Dr. Crishtoper, dokter kandungan saya saat kehamilan kedua, mengizinkan untuk persalinan normal karena tidak ada yang harus dicemaskan dan saya sehat untuk melakukan persalinan normal.
Alhamdulillah persalinan berjalan lancar dan hadirlah Keizha pelengkap kebahagiaan rumah tangga kami.

Vitamin untuk anak


Lalu jenis vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Vitamin larut lemak.

Termasuk di dalamnya adalah vitamin A,D, E dan K yang antara lain berguna bagi pertumbuhan sel, jaringan, tulang dan gigi, serta pembentukan sel darah merah. Namun hindari mengkonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan mual, sering mengantuk, nyeri perut, sakit tulang, gatal dan kulit mengelupas, bahkan muntah. Lebih baik mendapatkan asupan vitamin A secara alami dari sayuran atau buah-buahan. 

Vitamin ini terdapat pada sayuran hijau atau kuning dan buah-buahan berwarna kuning, kuning telur, susu, hati, margarin, minyak ikan.


Vitamin larut air.

Asam folat, Vitamin B dan C adalah yang terpenting. Vitamin B6 berperan dalam perkembangan otak dan mengurangi mual di awal kehamilan. Efek dari kekurangan asam folat ini diantaranya terhambatnya perkembangan otak bayi hingga tidak terbentuk secara sempurna. Sehingga bayi akan lahir tidak sempurna, seperti terjadi pembesaran pada bagian kepala.

Kekurangan asam folat juga dapat memicu Anemia atau kekurangan sel darah merah pada ibu hamil. Efek dari anemia adalah lesu, malas makan dan sering pusing. Tentu sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang membutuhkan asupan makanan dan vitamin. Resiko bisa menyebabkan keguguran.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi yang mengandung banyak asam folat yang cukup. Asam folat banyak terkandung dalam jagung, pisang, kentang, hati, daging dan susu.

Vitamin C diperlukan untuk perbaikan jaringan dan berbagai proses metabolisme. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pecahnya air ketuban secara dini yang bisa menyebabkan kematian janin. Selain itu kekurangan vitamin C juga menyebabkan menurunnya pertumbuhan otak pada bayi.
Kekurangan vitamin C juga disebabkan dan sering terjadi pada ibu hamil yang perokok.
Cara mengatasinya dengan secepatnya mengkonsumsi vitamin yang diberikan dokter serta dibarengi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.  
Terdapat pada sayuran dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.

Masa kehamilan dan persalinan memang masa yang paling berarti bagi seorang wanita. Apa yang dirasakan setiap calon ibu tentu berbeda satu sama lain, bahkan dalam setiap kehamilan pun akan berbeda. Namun satu hal yang pasti, semua ibu tentu ingin anaknya lahir selamat, sempurna, sehat dan cerdas.

Mungkin ada pengalaman saat kehamilan dari para pembaca yang bisa di-sharing? , mohon tulis dikolom komentar ya, semoga bisa menjadi pengetahuan dan menjadi manfaat bagi kita semua.

Selengkapnya
Tuesday, May 10, 2016

6 comments
Saya ingin berbagi pengalaman menggunakan Daun Sirih Merah sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit. Sudah banyak sebenarnya yang membahas keampuhan tanaman satu ini, selain cantik untuk penghias rumah juga sangat bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit, mulai penyakit level nubie sampe level senior mastah tralalala.
Daun sirih merah

Ini dia penampakan Daun Sirih Merah ( celebes pepper / su la we xi hu jiao ).

daun sirih merah


Sebagai Obat Bisul

Beberapa hari yang lalu, anak saya Keizha pulang sekolah dengan keadaan layu dan gak bersemangat. Beberapa bintik merah seperti jerawat menghiasi wajahnya. Duh bayangin, satu aja bisul diwajah bisa bikin ketat muka, apalagi ini yang setelah saya hitung ada 5 titik.... plus 1 titik tapi gak yakin itu bisul atau gigitan nyamuk.

Ini adalah pengalaman pertama saya menghadapi anak bisulan, jelas panik, apalagi kenanya sampe banyak begitu, sebelumnya Keizha gak pernah bisulan. Karena panik, langsung telpon nanya neneknya walo ada diseberang kota. Untungnya si nenek punya pengalaman dengan cucu-cucunya yang lain yang pernah bisulan :)). Sebuah salep bernama Ichtiyol yang katanya top markotop untuk bisul langsung disuruh beli sebagai obat oles. Memang kemasannya berbeda dengan yang kami lihat di internet, harganya pun sangat murah hanya Rp. 6 ribuan, agak ragu tapi karena belinya di apotik langganan yang apotekernya juga kita kenal, ya uding... Kita beli deh.

Salepnya hitam, setelah diolesin selama 2 hari, alhamdulillah bisulnya mateng dan pecah. Keizha pun senang, sudah bisa kembali tertawa walopun hanya hahaha , belum bisa wkwkwk...

Hari ketiga, eh si bisul ternyata eksis lagi... Hadeeh kapan selesainya kalo hilang trus muncul lagi. Anehnya anakku ini gak demam seperti biasanya orang bisulan. Sambil olesin salep saya jadi ingat tanaman daun sirih merah.

Dulu saya punya tanaman Sirih Merah yang daunnya dijadikan 'cemilan' untuk suami yang merokoknya  kereta api. Cukup daunnya dipetik 2 lembar, dibersihkan lalu langsung dikunyah, persis seperti nenek nenek nyirih. Manfaatnya untuk mengurangi bahaya merokok yang merugikan kesehatan. Namun sejak ada si Miu (kucing kami) pot yang ada tanaman daun sirih merah itu malah jadi tempat ngadem favoritnya, habis porak poranda.

Untunglah tetangga ada juga yang nanam tanaman obat ini, mereka memberikannya dengan senang hati. Alhamdulillah setelah mengkonsumsi daun sirih merah dengan cara :

Diminum : 7 lembar daun sirih merah, dicuci bersih lalu direbus menggunakan api kecil dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Air rebusan tersebut untuk 3x minum. Boleh ditambah gula sedikit sebagai pemanis. Simpan didalam kulkas.  

Dibalur : ambil 2- 3 lembar (atau seperlunya ) daun sirih merah lalu dibersihkan dengan air, ditumbuk
halus dan dibalurkan pada bisul. Insyaallah si bisul hilang dan gak bakal eksis lagi.


Berbagai manfaat dari tanaman Daun Sirih Merah antara lain :

Penyembuh Batuk

Berdasarkan penelitian, daun sirih merah mengandung minyak atsiri. Minyak asiri inilah yang mengusir dahak. Cara mengolahnya : ambil sekitar 10 lembar daun sirih merah yang tak terlalu tua, cuci bersih lalu rendam dengan alkohol sekitar 30 menit, kemudian rebus dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Boleh ditambahkan gula secukupnya sebagai pemanis. Minum 3x sehari sebanyak 1 sendok. Simpan didalam wadah yang bersih dan higenis/ steril.

Sebagai Obat Luar Untuk kesehatan Organ Kewanitaan
Mencegah dan mengobati keputihan, menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan. Caranya dengan menggunakan rebusan beberapa lembar daun sirih merah sebagai pencuci daerah kewanitaan.

Mengobati Hidung Berdarah / Mimisan
Daun Sirih Merah manjur mengobati mimisan.  Caranya : gulunglah 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkanlah pada hidung yang mimisan.

Mengobati penyakit asam urat. 
Sediakan  7 helai daun Sirih Merah lalu cuci bersih dan iris, kemudian rebus dengan air  4 gelas atau 800 ml hingga bersisa 2 gelas saja.  Selagi masih hangat minum 2x  1 hari.

Pereda Sariawan
Daun Sirih Merah membantu mengobati sariawan. Karena mengandung Vitamin C dan antiseptik. Caranya dengan mengunyah 1-2 lembar Daun Sirih Merah sampai halus, diamkan 10 menit lalu boleh dibuang .  Selama 2x sehari.

Mengobati Luka Bakar Ringan
Mengandung zat alkaloid yang merupakan sumber antioksidan, vitamin C Daun Sirih Merah mampu menghilangkan inflamasi di bagian kulit yang terbakar.  Caranya :  tumbuklah 3-5 lembar daun Sirih Merah,  tambahkan 2 sendok teh madu, lalu olesah pada luka. Sebanyak 2 kali sehari sebagai obat luar.   

Mengobati Iritasi Mata
Senyawa alkaloid daun sirih merah membantu untuk mengobati mata merah akibat iritasi. Caranya sangat mudah.  20 helai daun Daun Sirih Merah direbus  dan hasil air rebusannya  sebagai kompres dan pembasuh mata.

Untuk Gusi berdarah
Cara nya :  ambillah 10 helai daun  Sirih Merah  direbus sampai mendidih.  Air rebusan disaring kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan 3x sehari.

Mengobati Penyakit Bronkitis
Daun Sirih Merah manjur mengobati bronkitis. Ambillah 6-10 lembar Daun Sirih Merah  dan 300 ml air, rebuslah sampai setengahnya saja, lalu diminum 3x sehari. Kandungan tanin membantu untuk mengobati penyakit bronkitis .

Mengobati Akibat Gigitan Serangga
Untuk alergi akibat digigit serangga dan alergi sea food.  Rebuslah 20-30 helai daun Sirih Merah. Gunakan air rebusan itu untuk mandi.

Mengobati Radang prostat. 
Mengandung  tanin, saponin, dan hidroksicavicol berkhasiat untuk memperbaharui sel-sel pada kelenjar prostat.  Sediakan 6 helai daun Daun Sirih Merah yang masih muda, cuci sampai bersih dan iris, kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas tunggu sampai airnya mendidih bersisa 1 gelas, lalu saring dan minum 3x sehari.

Mengatasi Penyakit Darah Tinggi
Mengandung minyak atsiri dan fenol  bagi kestabilan darah. Bermanfaat bagi penderita darah tinggi dengan merebus daun Sirih Merah dan air rebusannya dicampur madu asli untuk diminum 2x sehari.

Sebagai Obat Batuk Herbal
Untuk meredakan batuk, rebuslah 5 lembar daun Sirih Merah bersama 300 ml air. Minumlah 2x sehari. Manfaat vitamin B dan C yang terkandung  dan alkaloidnya mengurangi radang penyebab batuk.

Juga untuk mengobati penyakit berat seperti :

Penyakit diabetes mellitus / penyakit kencing manis. Caranya 3 helai daun Sirih dicuci hingga bersih lalu iris halus,  rebus dengan air 3 gelas / 600 ml, didihkan hingga tersisa ½ gelas saja. Minum 1 hari  3x sebelum makan.

Baca juga : Cara Mencegah Penyakit Diabetes atau Penyakit Kencing Manis

Untuk penyakit jantung koroner, daun Sirih Merah merah  sebanyak 6 sampai 8 helai cuci bersih lalu iris. Rebus dengan 4 gelas atau 800 hingga bersisa 2 gelas kemudian disaring dan minum 2x dalam 1 hari segelas sebelum makan.

Dan masih banyak lagi manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal yang hebat.
Namun ada anjuran bagi wanita yang belum mempunyai momongan sebaiknya jangan terlalu sering meminum air rebusannya, karena daun sirih merah mengandung antiseptik yang dapat membuat kering ovarium. Sebagai luluran, sirih merah juga bisa menghaluskan kulit.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah pernah mempunyai pengalaman secara langsung menggunakan daun sirih merah sebagai obat? Penyakit apa saja itu dan bagaimana hasilnya? Yuk kita sharing... Semoga bermanfaat bagi semua.

Selengkapnya
Monday, May 02, 2016

10 comments

Cara Mencegah dan Mengendalikan Penyakit Diabetes (Kencing Manis) -


Cara Mencegah Diabetes dan Cara Mengendalikan Diabates


Assalamulaikum pembaca...
Salam sejahtera, semoga semua makhluk hidup berbahagia

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah apotik. Waktu itu saya sedang membeli obat untuk Keizha yang bodynya lagi not delicious (gak enak badan) . Teman itu menegur saya duluan, hampir saja saya tak mengenalinya. Jelas saya pangling, dulu dia terkenal dengan badannya yang gemuk, tapi waktu kami jumpa saat itu sama sekali berbeda. Badannya sangat kurus. Setelah berbincang, barulah dia menceritakan bahwa dia terkena Diabetes...

Menurut Persatuan Diabetes Indonesia, lebih dari 6 juta penduduk Indonesia mengidap penyakit yang sering juga disebut kencing manis ini. Diabetes.

Jika sering merasa haus, lelah berlebihan, sering buang air kecil, hilang nafsu makan, sering mual dan muntah, serta berat badan turun drastis... Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi itu adalah Diabetes.


Apa penyebab Diabetes?

Penyebabnya belum begitu jelas, namun faktor keturunan dan pola makan atau diet yang tidak tepat bisa menjadi penyeban penyakit ini. Terjadi ketika hormon insulin yang dihasilkan pankreas tidak mencukupi atau tidak dapat digunakan oleh tubuh, sehingga kadar gula darah pun meningkat.

Diabetes ada dua jenis. 
1. Yang tergantung Insulin, jenis ini biasanya terjadi pada orang yang berusia muda. Gejalanya dengan tiba-tiba.
2. Yang tidak tergantung pada Insulin, biasanya banyak diderita oleh orang yang berusia 40 tahun keatas. Gejalanya terjadi perlahan-lahan. Banyak diderita oleh orang yang berbadan subur alias gemuk serta ibu hamil.

Diabetes sering membawa komplikasi pada penyakit lain jika tidak segera diatasi. Misalnya jantung, kelumpuhan, stroke, penyakit ginjal, impotensi , bahkan kebutaan. 

Bagaimana mencegah dan mengendalikan Diabetes?

Mencegah diabetes yang paling gampang namun membutuhkan tekad yang kuat adalah dengan cara menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Menghindari merokok dan melakukan olah raga yang teratur. Yang ringan-ringan saja, seperti jalan cepat, bersepeda, berenang atau yang sesuai dengan minat dan umur. Olah raga teratur misalnya 3 atau empat kali seminggu bisa mengurangi kadar gula.
Namun jika sudah terkena Diabetes pengendaliannya dilakukan dengan memberikan Insulin dan pengaturan pola makan.

Melakukan diet untuk mencegah diabetes bukan berarti harus diet gila-gilaan. Diet yang salah kaprah dengan menggunakan obat-obatan justru dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit yang lainnya.  Lakukanlah diet sehat, agar penyakit diabetes bisa dicegah dan terkendali...

Diet sehat untuk penderita Diabetes... berat tapi apa boleh buat, pilih sehat atau disuntik cuy?
  1. Jangan banyak mengkonsumsi yang manis-manis. Hindari mengkonsumsi gula putih/ gula merah, selai, minuman ringan yang banyak kadar gula seperti sirup atau sari buah yang dijual dipasaran. Sebagai gantinya bisa dengan gula khusus penderita diabetes.
     
  2. Perbanyak mengkonsumsi buah , 3 - 4 posri secara teratur. Berbagai buah segar dapat dimakan, seperti apel, pisang, nanas, semangka, mangga, sawo, belimbing.
     
  3. Pilih makanan yang bisa memperlambat proses pencernaan karbohidrat, seperti jagung, daun singkong, kangkung, kentang atau ubi. Sehingga gula keluar lebih lambat dan berkadar ringan.
     
  4. Jika ingin minum susu, pilihlah susu kedelai, yogur atau keju.
     
  5. Bagi yang suka mengkonsumsi kulit ayam ini mungkin ini agak berat, tapi sebaiknya buanglah dulu kulit ayam sebelum dimasak. Kurangi memakan segala macam daging olahan seperti sosis atau salami.
     
  6. Hindari makanan yang menggunakan santan, atau segala jenis makanan yang berbahan baku kelapa. Kurangi juga kue, biskuit, makanan siap saji, coklat, kerupuk kentang, dan segala makanan yang digoreng.
     
  7. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam atau makanan yang asin, seperti ikan asin dan lainnya.

 Nah pilih mana... Mulai mengurangi makanan yang bisa memicu diabetes, atau dipaksa harus hindari? Semoga tulisan Cara Mencegah Penyakit Diabetes atau Kencing Manis ini bermanfaat bagi kita semua.

Selengkapnya