Sunday, March 26, 2017

Mitos dan Fakta Seputar Rambut Uban

31 comments
Mitos dan Fakta Seputar Rambut Uban

Banyak mitos dan fakta seputar rambut uban, mana yang benar mana yang salah?

Berikut beberapa mitos dan fakta tentang rambut uban yang paling banyak dibicarakan.


mitos dan fakta seputar rambut uban


Yang dimaksud rambut uban disini adalah tumbuhnya helai-helai rambut berwarna kelabu atau putih diantara helai rambut hitam.


Beragam reaksi jika seseorang melihat ada rambut uban di kepalanya.

Reaksi yang paling banyak tentu.. "aah aku sudah tua?" .

Reaksi umum lainnya adalah "lho kok ada uban?" padahal usia masih muda.

Mitos dan Fakta Rambut Uban.

1. Rambut uban hanya ada pada orang berusia lanjut? - SALAH
Pada umumnya rambut uban merupakan salah satu tanda dari bertambahnya usia.
Hal ini disebabkan seiring dengan menuanya tubuh, kerja dari sel pigmen (sel yang memberi warna pada kulit dan rambut)  yang ada pada akar rambut pun semakin lambat.

Pada umumnya, tumbuhnya uban pada wanita dimulai pada usia sekitar 35 tahun dan pada pria sekitar 30 tahun. Namun hal ini tentu berbeda antara satu orang dengan yang lainnya sehingga tidak bisa dijadikan tolok ukur yang tepat.

Saat ini orang malah cenderung sudah beruban pada usia yang masih relatif muda.

Faktor yang patut menjadi pertimbangan adalah adanya perubahan pada gaya hidup.
Misalnya stress yang tinggi, perubahan pada asupan makanan, serta menurunnya mutu lingkungan. Selain hal tersebut, faktor genetik (keturunan) juga memegang peranan penting.


2. Uban tidak boleh dicabut bisa membuat tumbuh uban yang lebih banyak.  - SALAH
Tumbuhnya uban karena berhenti atau melambatnya kerja sel pigmen pada akar rambut.
Tidak ada perbedaan dicabut atau tidak uban tersebut tetap akan tunbuh uban di tempat sel pigmen berhenti bekerja.


3. Syok atau stres dapat menyebabkan tumbuh nya uban. - BENAR
Tekanan emosional yang tinggi dapat menyebabkan tumbuhnya uban. Hal ini terjadi karena pada saat adanya keadaan darurat, dalam hal ini syok atau stres, tubuh secara otomatis memperlambat fungsi kerja organ-organnya untuk memprioritaskan kerja organ yang vital seperti paru, jantung dan otak.

Jika anda mengalami syok atau stress yang hebat, aliran darah ke akar rambut pun terhenti. Akan tetapi sangat jarang, bahkan mustahil, uban tumbuh secara mendadak dalam satu waktu tertentu, bagaimana pun hebatnya stres dan syok yang terjadi. Biasanya uban ini akan tumbuh secara perlahan.


4. Uban biasanya memiliki tekstur yang berbeda dibanding rambut biasa. - BENAR
Umumnya uban memiliki tekstur yang lebih kasar dan kering karena seiring dengan melambatnya sel pigmen, produksi kelenjar minyak yang berfungsi untuk melembutkan rambut pun menjadi lebih lambat.

Untuk merawat rambut yang beruban, gunakan conditioner ketika keramas.

Sesekali luangkan waktu untuk menggunakan masker rambut (hair mask). Gunakan masker ini pada rambut yang kering dan bungkus dengan handuk hangat atau dengan topi plastik (shower cap) agar benar-benar meresap. Tunggu selama kurang lebih satu jam dan bilas seperti biasa. Gunakan tonik rambutyang khusus untuk rambut beruban sebelum menata rambut.


5. Terlalu sering mewarnai rambut akan menyebabkan tumbuhnya uban? - SALAH
Mewarnai rambut tidak akan menyebabkan tumbuhnya uban dan tidak menyebabkan uban tumbuh lebih banyak.

Jika ingin mewarnai atau menghitamkan uban, sebaiknya anda lakukan tes dahulu. Karena kondisi uban yang berbeda dengan rambut biasa (lebih kasar dan porinya lebih besar) akan mempengaruhi daya serap pewarna rambut pada uban tersebut.

Dengan kondisi tersebut rambut uban akan lebih banyak menyerap pewarna rambut dan akan menghasilkan warna yang lebih terang dibanding bagian lainnya.


6. Timbulnya uban biasanya diikuti dengan kerontokan rambut? - BENAR
Kerontokan rambut biasanya disebabkan oleh terhambatnya saluran pori pada kulit kepala dan juga karena berhentinya fungsi kerja akar rambut. Hal ini biasanya terjadi seiring dengan berhentinya kerja sel pigmen.

Proses tersebut umum terjadi pada usia lanjut. Akan tetapi, kerontokan yang dibarengi dengan uban ini bervariasi pada setiap orang, sehingga tidak setiap orang yang beruban mengalami kerontokan rambut.


Nah sekarang tentu timbul pertanyaan...
Bagaimana cara mencegah tumbuhnya rambut uban?


Selain karena faktor genetik,  tumbuhnya rambut uban erat kaitannya dengan pola hidup seseorang.  Dengan kata lain, jika usia masih muda, tidak ada faktor genetik ubanan, mengubah pola hidup sehat bisa memperlambat tumbuhnya rambut uban.

Banyak referensi tentang mengatasi rambut uban.
Cara paling sederhana yaitu dengan secara teratur memijat lembut kulit kepala yang bertujuan memperlancar aliran darah.

Mengkonsumsi sayuran hijau, susu dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, B dan C.  Vitamin A banyak terdapat pada sayuran hijau dan berfungsi menjaga kesehatan kulit kepala. 

Vitamin B, B6 dan B12 yang banyak terkandung dalam sayuran, susu, bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit kepala.  Sereal, yogurt dan hati , untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan sebagai pemasok oksigen yang mengalir ke kulit kepala. 
Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk, berries, membuat rambut tetap sehat karena mengandung nutrisi yang dapat memperlambat penuaan.

Mineral yang memproduksi Melanin sangat dibutuhkan oleh rambut.  Daging, sayuran, biji-bijian dan makanan laut sangat tinggi kandungan mineral, Zinc dan zat besi. Selenium yang terkandung didalam Salmon memproduksi hormon yang tugasnya mempertahankan rambut hitam.

Kabar gembira bagi penggemar coklat,  tembaga yang terkandung pada coklat menghasilkan sel melanin yang memproduksi warna pada rambut.

Nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk mempertahankan warna asli rambut ada pada vitamin E yang banyak terdapat pada Almond.

Protein nabati seperti yang banyak terdapat pada biji-bijian dan kedelai juga bermanfaat untuk tekstur dan membuat rambut bersinar.

Selain mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin, ada juga cara tradisional yang dapat memperlambat tumbuhnya rambut uban.

Beberapa yang paling populer adalah dengan menggunakan campuran minyak kelapa asli dan air perasan jeruk nipis. Caranya, minyak kelapa dan air jeruk nipis diusapkan pada kepala dan dipijat lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu dibilas.

Minyak kemiri juga dapat mengatasi uban dan menyehatkan rambut. Caranya dengan sangrai kemiri lalu diambil minyaknya. Diusapkan pada rambut, biarkan beberapa saat lalu dibilas bersih.

Demikian mitos dan fakta serta beberapa cara untuk mencegah tumbuhnya rambut uban  yang dirangkum dari berbagai sumber. 


Adakah diantara pembaca yang  sudah ubanan? 🐧
Silahkan tulis di kolom komentar ya...  😁

#kemudian hening 😅
Yulie
Yulie

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

31 comments

Siti mudrikah March 26, 2017 3:18 pm

Ade aku yang masih smp dia udah ada uabn dirambutnya mba, temenku juga masih muda udah ada ubannya.
Kadang Ade aku ngeluh harus diapain, tp kata aku gk apa2 selama gk bikin gatal. Terus aku bilang jgn ganti2 shampoo takutnya ngaruh juga. Pdhal sbnernha aku juga gk ngerti itu knpa

fanny fristhika nila March 26, 2017 3:38 pm

minyak kemiri ama minyak kelapa yg srg aku pake ;).. itu udah nasihat mama daridulu.. katanya bisa bikin rambut hitam lebih lama :).. dan kyknya bener terbukti... aku udh 35 thn skr ini, dan alhamdulillah blm ada uban mba :D.. soalnya beberpa temen yg sebaya udh ada ;p

MasIrwin March 26, 2017 5:18 pm

Ramput beruban juga bisa disebabkan salah sampo atau minyak rambut #kisahsaya

Nita Lana Faera March 26, 2017 6:40 pm

Murid saya ada waktu itu kelas 4 SD udah ubanan. Sebelum berhijab kalau ada uban selembar, saya cabut aja, haha... Semenjak berhijab malah nggak nongol lagi itu uban. Entah mungkin ubannya karena sengatan matahari langsung :D

Mama Keizha March 26, 2017 7:03 pm

naah terbukti minyak kelapa dan kemiri, aku udah 40an lho, alhamdulillah ubannya msh bisa dihitung pake jari hahaha #gubraak

Mama Keizha March 26, 2017 7:04 pm

misteri uban memang sulit kita pecahkan :))

Mama Keizha March 26, 2017 7:05 pm

ini yg sering terjadi ya

Mama Keizha March 26, 2017 7:06 pm

kelas 4 SD mba? waduh :))
iya sih bisa krn rambut kering terkena matahari. Alhamdulillah #berkah hijab

Tira Soekardi March 28, 2017 8:18 am

makasih infonya

Ucig March 29, 2017 10:08 pm

Pak suami udah ubanan dari muda mbaaa...katanya karena nggak suka makan sayur..tfs ya mba yul .:)

Mama Keizha March 29, 2017 10:51 pm

sama2 mba Tira

Mama Keizha March 29, 2017 10:56 pm

suami ku SMA-nya juga udah ubanan, waktu SMP suka pake gel rambut, jaman jadul kan gel ngetrend banget 😄

Adriana Dian March 30, 2017 8:43 am

Wah makasi infonya maaaak. Mau mulai ngerawat rambut dengan baik dan benar aaaah. Dan jangan banyak stress juga kalo nggak mau ubanan yaaa. Hihihii

Mama Keizha March 30, 2017 1:43 pm

biar makin kinclong maak :))

Lusi March 30, 2017 10:53 pm

Ubanku udah banyak banget. Aku stress hahaha... Nggak ingat deh kapan tiba2 berhenti ngecat rambut. Sejak muda suka ganti2 warna rambut. Begitu berhenti ngecat, tiba2 uban jadi banyak aja.

Mama Keizha March 31, 2017 7:03 pm

itu berarti rambutnya minta di-cat lagi mbak hahaha

MasIrwin March 31, 2017 9:39 pm

iya, apa lagi sering gonta ganti sampo

turiscantik.com April 02, 2017 1:53 pm

kalau saya ada uban dikit biasanya karena habis diwarnain, mungkin juga cat warna yang saya pakai terlalu keras kali ya

Mama Keizha April 02, 2017 5:14 pm

bisa saja, tapi kalo cuma 1-2 lembar sih mungkin bkn krn cat rambut

herva yulyanti April 09, 2017 8:11 pm

oala mitos suamiku percaya bgt klo uban dicabut bakalan numbuh banyak lagi ahhaha..jadinya klo aku gemes pgn nyabut suami cemberut ga boleh *sindorm takut ubanan = tuwir hahaha

Mama Keizha April 09, 2017 11:27 pm

hahaha gemesin krn nongolnya selembar dua lembar jd pengen nyabut aja 😄

SiBlogger Kendal April 11, 2017 8:50 am

Pagi Mama Keizha
aku belum ubanan ahhaha tapi Ibuku aku udah banyak, faktor U kali ya hehehhe
tapi ada juga temenku dulu masih muda udah ubanan wkkwkw sering diejekin gitu untungnya anaknya bebal.

Maria Soraya April 11, 2017 1:08 pm

aku belum ubanan, tapi ini well noted ya mbak

soal uban, aku jadi keingetan bosku waktu aku masih kerja, dia cewek umurnya 35 dan ubannya banyak, tapi karena orangnya modis jadi dia keliatan keren

Mama Keizha April 11, 2017 3:41 pm

Sore mbak blogger, hahaha... berarti uban temennya itu bkn krn stress. Krn bebal itu terkadang bisa jadi penangkal stress yg paling ampuh mbak :))

Mama Keizha April 12, 2017 3:46 am

Skr ini malah byk yg ngecat rambutnya jadi ky org ubanan mbak :))

Nurul Sufitri May 08, 2017 2:41 pm

Baru tau kalo salah satu pemicu tumbuhnya uban itu adalah stres 😊 wa gawat nih...mesti ga bolej banyak pikiran njelimet dong ya. Temanku sejak SMPN sudah beruban loh.

Mama Keizha May 08, 2017 6:59 pm

Hehehe iya mbak Nurul, jangan stress2... hrs happy selalu biar gak ubanan :))

Annisa Nurjannah July 18, 2017 10:03 am

Alhamdulillah belum ubanan.. atau mungkin nyelip gak ketauan, soalnya suka banyak pikiran.. huhu

Mama Keizha July 20, 2017 1:21 am

Bisa dong dibagi tipsnya mbak biar gak ubanan :D

Nurul Sufitri August 06, 2017 7:56 pm

Wah, aku mengalami keronntokan rambut nih. Jangan2 ntar cepet beruban yak hihihi...ini tampilannya beda ganti theme ya bagus :)

Mama Keizha August 08, 2017 7:18 am

cuma ganti warna mbak, theme nya itu2 doang hahaha

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁