Wednesday, March 01, 2017

Awas! Kekurangan Vitamin ini bisa sebabkan gangguan pada Janin

14 comments
Awas! Kekurangan Vitamin ini bisa sebabkan gangguan pada Janin.

Resiko kekurangan vitamin dapat menghambat pertumbuhan dan bisa memicu kelainan pada janin (cacat bawaan hingga keguguran).

 
Awas! Kekurangan Vitamin ini bisa sebabkan gangguan pada Janin

Kehadiran buah hati tercinta di tengah keluarga pasti sangat didamba oleh setiap pasangan terutama yang baru saja menikah.  Kehamilan pertama adalah saat yang paling membahagiakan, mendebarkan sekaligus "menyiksa" yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari rasa mual, malas makan, sensitif terhadap aroma tertentu dan sebagainya yang merupakan bawaan natural yang berbeda beda pada setiap wanita hamil.

Baca juga : Dampak Virus Zika Bagi Ibu Hamil dan Janin

Sedikit share pengalaman pribadi...
Dulu saat kehamilan pertama, saya merasakan yang namanya malas makan, konon pula minum susu dan vitamin. Alhasil akibat menuruti rasa malas  itu, kehamilan pertama saya mengalami keguguran. Ditambah saat kehamilan saya berumur 1,5 bulan saat itu terjadi bencana gempa yang cukup dahsyat yang mengguncang kami yang ada di Sumatera dan sekitarnya. Beberapa ibu sepuh saat terjadi gempa menyuruh saya duduk saat gempa mengguncang karena sedang hamil, tapi tidak saya lakukan. Ntahlah ada hubungannya atau tidak, karena ada kabar beberapa ibu hamil bahkan ada yang telah memasuki 5 bulan masa kehamilannya juga mengalami keguguran. Wallahualam, tentu saja itu memang sudah takdir Illahi.

Dokter yang menangani saya saat itu menjelaskan, kandungan saya tidak berkembang akibat "malas makan", kekurangan vitamin dan ogah minum susu.

Wanita hamil membutuhkan vitamin ekstra. Kombinasi menu makanan amat penting bagi ibu dan janin, karena ibu hamil membutuh vitamin lebih banyak untuk menjaga kondisi tubuhnya dari pembentukan organ janin. Kekurangan vitamin dapat menghambat pertumbuhan dan bisa memicu kelainan pada janin (cacat bawaan atau keguguran)

Ya, saat itu rasanya sangat susah untuk menelan walau pun hanya sesendok nasi, sepotong buah atau makanan yang mengandung sayuran.  Rasanya langsung mual. Saya langsung menyerah dengan keadaan. Tidak mau makan, minum susu, makan buah dan sayuran. Gantinya saya hanya ngemil snack dan makanan ringan yang dijual di toko seperti potato chips dan lainnya.

Setahun setelah kegagalan pada kehamilan pertama, Alhamdulillah saya dikaruniakan lagi kehamilan oleh Allah SWT. Berdasarkan "kesalahan sebelumnya" kali ini saya benar-benar melawan rasa malas yang ada. Walau pun rasanya ntah bagaimana namun apa yang disarankan dokter saya lakukan, apa yang dinasehatkan "orang orang tua" saya terapkan. Rutin minum susu, makan makanan yang mengandung sayuran, konsumsi berbagai vitamin, dan menjauhi cemilan yang mengandung zat pengawet. Dari mulai air tahu, air kelapa muda, sampai susu kedelai pun saya sikat walau dengan ekspresi ngos ngosan penuh penderitaan :))

Dan Alhamdulillah, saya melahirkan Keizha yang sehat dan lucu dengan berat 4,2 kg dan panjang 53 cm secara persalinan normal. Memang tadinya suami ingin saya melakukan cesar saja, tapi saya ingin secara normal dan Dr. Crishtoper, dokter kandungan saya saat kehamilan kedua, mengizinkan untuk persalinan normal karena tidak ada yang harus dicemaskan dan saya sehat untuk melakukan persalinan normal.
Alhamdulillah persalinan berjalan lancar dan hadirlah Keizha pelengkap kebahagiaan rumah tangga kami.

Vitamin untuk anak


Lalu jenis vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Vitamin larut lemak.

Termasuk di dalamnya adalah vitamin A,D, E dan K yang antara lain berguna bagi pertumbuhan sel, jaringan, tulang dan gigi, serta pembentukan sel darah merah. Namun hindari mengkonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan mual, sering mengantuk, nyeri perut, sakit tulang, gatal dan kulit mengelupas, bahkan muntah. Lebih baik mendapatkan asupan vitamin A secara alami dari sayuran atau buah-buahan. 

Vitamin ini terdapat pada sayuran hijau atau kuning dan buah-buahan berwarna kuning, kuning telur, susu, hati, margarin, minyak ikan.


Vitamin larut air.

Asam folat, Vitamin B dan C adalah yang terpenting. Vitamin B6 berperan dalam perkembangan otak dan mengurangi mual di awal kehamilan. Efek dari kekurangan asam folat ini diantaranya terhambatnya perkembangan otak bayi hingga tidak terbentuk secara sempurna. Sehingga bayi akan lahir tidak sempurna, seperti terjadi pembesaran pada bagian kepala.

Kekurangan asam folat juga dapat memicu Anemia atau kekurangan sel darah merah pada ibu hamil. Efek dari anemia adalah lesu, malas makan dan sering pusing. Tentu sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang membutuhkan asupan makanan dan vitamin. Resiko bisa menyebabkan keguguran.

Cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi yang mengandung banyak asam folat yang cukup. Asam folat banyak terkandung dalam jagung, pisang, kentang, hati, daging dan susu.

Vitamin C diperlukan untuk perbaikan jaringan dan berbagai proses metabolisme. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pecahnya air ketuban secara dini yang bisa menyebabkan kematian janin. Selain itu kekurangan vitamin C juga menyebabkan menurunnya pertumbuhan otak pada bayi.
Kekurangan vitamin C juga disebabkan dan sering terjadi pada ibu hamil yang perokok.
Cara mengatasinya dengan secepatnya mengkonsumsi vitamin yang diberikan dokter serta dibarengi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.  
Terdapat pada sayuran dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.

Masa kehamilan dan persalinan memang masa yang paling berarti bagi seorang wanita. Apa yang dirasakan setiap calon ibu tentu berbeda satu sama lain, bahkan dalam setiap kehamilan pun akan berbeda. Namun satu hal yang pasti, semua ibu tentu ingin anaknya lahir selamat, sempurna, sehat dan cerdas.

Mungkin ada pengalaman saat kehamilan dari para pembaca yang bisa di-sharing? , mohon tulis dikolom komentar ya, semoga bisa menjadi pengetahuan dan menjadi manfaat bagi kita semua.
Yulie
Yulie

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

14 comments

Sandra Hamidah March 01, 2017 5:41 pm

Makasih Mak sharingnya.. saya lagi hamil semoga kita semua sehat selalu ya aamiin

Mama Keizha March 01, 2017 5:51 pm

Amiiin... Selamat ya mak, semoga sehat semuanya.

Tira Soekardi March 02, 2017 2:50 am

dulu lagi hamil wah rajin sekali makan yang banyak viyaminnya dan minum suplemen

Mama Keizha March 02, 2017 3:43 am

kehamilan kedua aku malah kaya org maniak vitamin bun, orang2 malah ngira aku hamil anak kembar

Rosanna Simanjuntak March 02, 2017 6:05 am

Wah, ini gue banget nih. Dikehamilan 7 bulan yang pertama aku alami mual-mual juga. Sungguh sangat menyiksa. Selera makan terbang entah kemana. Tapi untungnya belum sampai harus opname. Nah, memasuki kehamilan 8 bulan, aku menemukan kembali nafsu makanku.

Alhamdullillah, si kecil lahir dengan BB 2,9kg.
Memang perlu disiplin ya, terutama saat mual mendera.

Mama Keizha March 02, 2017 10:23 am

sebaiknya dipaksakan sebisa mungkin makan ya kak, daripada sampai opname. Temanku malah ada yg keguguran karena kebanyakan cairan opname yg masuk :(

Ucig March 04, 2017 2:07 am

Awal masa kehamilan memang biasanya berat ya maaa... Tapi harus inget si bayi perlu makanan yg bergizi apapagi di 1000 hari prtama...makasih yaa mba artiklnyaa :)

Mama Keizha March 04, 2017 6:09 am

benar sekali mba Uci, gimana pun beratnya hrs dipaksakan, jangan nurutin rasa males dan gak enak :)

muti mimut March 05, 2017 9:25 am

Bener mba, saat hamil harus banyak mengonsumsi makanan bergizi, sayur dan buah, termasuk air putih supaya bayi tumbuh sehat :)

Mama Keizha March 05, 2017 4:56 pm

semoga yg lagi hamil gak males malesan ya mba, kasihan bayinya

fanny f nila March 06, 2017 10:58 pm

apapun vitamin dari dokter kandunganku waktu itu, aku lgs minum aja mbak :D.. untungnya aku g ada masalah ama makanan dan minuman apapun termasuk obat2an dan vitamin... jd walo hamil, ttp aja napsu makan stabil :D

Mama Keizha March 07, 2017 8:37 am

samaaa dong, aku juga gitu pas hamil yang kedua... yg penting anak sehat, telan semuanya wkwkwk

Nita Lana Faera March 16, 2017 7:32 am

Waktu itu di event sebuah brand minyak goreng juga dibahas, kalau kecerdasan anak dimulai dari masa kehamilan Ibu. Jadi gizi perlu sekali diperhatikan selama kehamilan. Semoga semua ibu hamil dimudahkan ya asupan bergizinya :)

Mama Keizha March 16, 2017 11:24 am

iya dong biar anaknya sehat dan cerdas mba

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁