Monday, May 16, 2016

Lokasi Liburan Keluarga Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilihnya?

16 comments
Lokasi Liburan Keluarga - Masa liburan sekolah akan segera tiba..Tentu kita sangat mengharapkan supaya liburan sekeluarga bisa sukses dan membawa kesan serta manfaat yang positif. Persiapannya harus benar-benar siap, termasuk pemilihan lokasi yang tepat untuk liburan bersama keluarga.

Liburan harus benar-benar menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak yang mungkin sudah menginjak usia SD sampai si kecil yang masih bayi.

Liburan Bersama Keluarga


Ada beberapa kriteria lokasi dan jenis liburan yang harus dicermati bahkan ada kriteria lokasi yang harus dihindari agar liburan bersama keluarga aman, nyaman dan seru!


Liburan bersama anak usia 0 - 2 tahun

Pilihlah lokasi yang :
Tenang. memiliki playground indoor (untuk menghindari hujan yang turunnya bisa tiba-tiba) yang bisa dijelajahi bayi dengan aman, dan juga playground outdoor yang berumput dan berpasir bersih.

Hindari lokasi yang :
Berundak-undak, banyak tangga, licin dan terjal. Halamannya sempit, cuaca tidak ramah untuk bayi dan batita (terlalu dingin atau panas dan sering hujan). Lokasi yang memuat banyak benda pecah belah, atau benda-benda yang berharga seperti di galeri atau museum.


Liburan bersama anak usia 3-5 tahun

Psikomotor anak usia ini sudah lumayan matang. Dia mampu melakukan refeks menyelamatkan diri serta sedikit bertanggung jawab pada diri sendiri.

Pilihlah lokasi liburan yang :
Memberikan banyak tantangan dengan adanya sarana memanjat, meniti, meluncur, berlari, melompat, main air dan bergelantungan.

Memungkinkan anak menjalin kerjasama, berbagi, serta berbaur dengan anak-anak lain. Memiliki playground indoor, lebih baik lagi ada seseorang yang dapat membuat motivasi anak untuk membuat prakarya dan menciptakan dan ikut permainan.

Hindari lokasi yang :
Berundak-undak, banyak tangga, licin dan terjal. Hindari halaman yang kecil sementara lalu lintas disekitarnya ramai. Si pra sekolah akan cepat merasa bosan.


Liburan bersama anak usia 6-8 tahun

Anak usia ini sudah dapat menerapkan logika sederhana. Yang diutamakan pada usia ini adalah mengasah prestasi dan kemandirian.

Pilihlah lokasi yang :
Menyediakan petualangan di taman fantasi, pulau , pantai, tepi danau, tepi sungai, pengamaa flora dan fauna, naik kuda dan sebagainya.

Menyediakan permainan yang ada aturannya dan bersifat kompetitif seperti outbound, sportclub untuk anak , bola basket, bulu tangkis, memandikan hewan, menanam padi, sepakbola, lomba renang, dan sebagainya.

Akan lebih baik jika lokasi liburan menyediakan sarana untuk menghasilkan sebuah karya seperti studio lukis, keramik, layang-layang, membatik, origami dan sebagainya. Liburan yang bermuatan edukasi dalam kemasan hiburan yang seru.

Hindari lokasi yang membosankan, tidak mempunyai sarana permainan yang seru dan menantang.


Liburan bersama anak usia 8-12 tahun

Mereka sudah siap berada diluar rumah dan mengikuti program menginap (bahkan lebih dari 2 hari tanpa ditemani orang tua)

Pilihlah lokasi yang : 
Benar-benar menjadi pilihan anak, sebab mereka sudah sangat pilih-pilih.

Lokasi yang menyediakan program menantang yang mungkin tanpa dampingan orangtua, seperti berkemah beberapa hari bersama temannya yang sebaya untuk menstimulasi aspek emosi sosial dan self estem.

Lokasi yang menyediakan sarana kegiatan macho atau pun feminim karena diusia ini sebagian anak sudah ingin dibedakan kegiatannya berdasarkan gender.

Hindari lokasi yang kekanak-kanakan, tidak memberikan tantangan, cuma menyediakan pemandangan tanpa program kegiatan.

Nah bunda, sudahkah merencanakan acara liburan bersama keluarga tercinta? Semoga beberapa hal diatas bisa menjadi masukan untuk rencana liburan seru bersama keluarga nanti ya ^_^

 
Yulie
Yulie

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

16 comments

Okti Li May 17, 2016 12:21 pm

Wah, lengkap sekali Mama...
makasih ya. Fahmi usia 3 tahun. Hem, jadi tahu nih kemana harus ajak dia bermain nanti... ;)

Yulie Admin May 17, 2016 8:53 pm

ayo teh ajak Fahmi liburan ke tempat yang seru ^^ pasti Fahmi senang, salam ya buat dek Fahmi dari bang Keizha :*

Murni M. Djazuli May 18, 2016 12:39 pm

Wah...jadi dapat inspirasi untuk mengajak keponakan berlibur...hihii...

Yulie Admin May 18, 2016 1:50 pm

ati-ati jgn dapet hotel yg berhantu lagi yaa hihihi

Rosanna Simanjuntak May 18, 2016 11:02 pm

Setuju.
Liburan juga harus disesuaikan dengan minat dan keinginan, agar meninggalkan kesan dan kenangan yang takkan terlupakan.
Selamat berlibur, ya

Yulie Admin May 19, 2016 1:13 am

benul kak, jangan pula habis liburan malah termenung liat dompet #pening awak

Ophi Ziadah May 19, 2016 10:20 am

kadang2 yang hanya pemandangan tetep seru lho mba..mrk bisa buat aktifitas sendiri main2 dan lari2an.
kayak di kebon raya gt saya bawain tenda kecil makanan n minuman trus buku...kita duduk2 mereka main

Yulie Admin May 20, 2016 4:23 am

arenanya lari2annya luas ya jadi mereka senang, gak cepat bosan dan selalu dalam pengawasan kita

Meriska Putri W May 20, 2016 5:43 am

Aahh, bener banget.. anakku 2,5 tahun gak suka tempat rame.. tapi ke tempat yang banyak mainannya jg serba salah, karena suka rebutan sama anak-anak lain.. lebih anteng kalau diajak ngafe malah, haha

Yulie Admin May 20, 2016 12:48 pm

hahaha sama ky anakku , malah dulu sempat cemas kirain dia takut keramaian... ternyata bkn krn takut, tapi bosen kalo gak ada mainan :))

Eri Udiyawati May 21, 2016 1:26 pm

Iya, bener banget, kalau liburan tempatnya gak cocok, pasti anak-anak jadi bosen...

Yulie Admin May 23, 2016 4:15 am

iya mak, kalo udah bosen pasti rewel

indah nuria Savitri May 28, 2016 6:01 pm

Kami pun kalau liburan sudah harus tanya Bo et Obi, mau liburannya ke mana dan ngapain ajaa :).. Kalau ngga pasti ngambek di jalan :)

fanny fristhika nila May 31, 2016 9:35 pm

dari Fylly umur 8 bulan aku udh mulai ajak dia traveling bareng.. ga nanggung2 lgs keliling jawa naik mobil 3 minggu :D.. untungnya kuat dia.. sengaja dr bayi udh diajak jalan supaya bisa nemenin ortunya ini mbak :D.. tp kalo kita ajak keluar negri, dr umur 2 thn dia kita kasih pilihan.. "ntr di sana ada tempat2 bermain yg begini, yg begitu, kamu mau yg mana?" Jadi dia juga milih tempatnya.. dan harus belajar juga kalo saat liburan tmpat yg didatangi yaa gantian.. kalo hr ini kita main di tempat anak2 pilihan dia, besoknya tempat wisata yg udh diincer aku, besoknya si papi.. Syukurnya sih, fylly ikutan seneng2 aja diajak k tmpat yg walopun ga ada wahana permainan favorit dia :D..

Yulie Admin June 04, 2016 12:35 am

memang sebaiknya kita nanya dulu ya ke anak2... daripada liburannya diisi dgn cemberut, harus bujuk2 lagi deh :))

Yulie Admin June 04, 2016 12:37 am

Fylly hebat iih, kalo anakku udah ngambekan aja, kalo jalan jauh suka rewel apalagi kalo di mobil yang banyak barang plus penumpang... bakal suntuk abis dia hihi

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁