Tuesday, May 10, 2016

Daun Sirih Merah Sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit

6 comments
Saya ingin berbagi pengalaman menggunakan Daun Sirih Merah sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit. Sudah banyak sebenarnya yang membahas keampuhan tanaman satu ini, selain cantik untuk penghias rumah juga sangat bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit, mulai penyakit level nubie sampe level senior mastah tralalala.
Daun sirih merah

Ini dia penampakan Daun Sirih Merah ( celebes pepper / su la we xi hu jiao ).

daun sirih merah


Sebagai Obat Bisul

Beberapa hari yang lalu, anak saya Keizha pulang sekolah dengan keadaan layu dan gak bersemangat. Beberapa bintik merah seperti jerawat menghiasi wajahnya. Duh bayangin, satu aja bisul diwajah bisa bikin ketat muka, apalagi ini yang setelah saya hitung ada 5 titik.... plus 1 titik tapi gak yakin itu bisul atau gigitan nyamuk.

Ini adalah pengalaman pertama saya menghadapi anak bisulan, jelas panik, apalagi kenanya sampe banyak begitu, sebelumnya Keizha gak pernah bisulan. Karena panik, langsung telpon nanya neneknya walo ada diseberang kota. Untungnya si nenek punya pengalaman dengan cucu-cucunya yang lain yang pernah bisulan :)). Sebuah salep bernama Ichtiyol yang katanya top markotop untuk bisul langsung disuruh beli sebagai obat oles. Memang kemasannya berbeda dengan yang kami lihat di internet, harganya pun sangat murah hanya Rp. 6 ribuan, agak ragu tapi karena belinya di apotik langganan yang apotekernya juga kita kenal, ya uding... Kita beli deh.

Salepnya hitam, setelah diolesin selama 2 hari, alhamdulillah bisulnya mateng dan pecah. Keizha pun senang, sudah bisa kembali tertawa walopun hanya hahaha , belum bisa wkwkwk...

Hari ketiga, eh si bisul ternyata eksis lagi... Hadeeh kapan selesainya kalo hilang trus muncul lagi. Anehnya anakku ini gak demam seperti biasanya orang bisulan. Sambil olesin salep saya jadi ingat tanaman daun sirih merah.

Dulu saya punya tanaman Sirih Merah yang daunnya dijadikan 'cemilan' untuk suami yang merokoknya  kereta api. Cukup daunnya dipetik 2 lembar, dibersihkan lalu langsung dikunyah, persis seperti nenek nenek nyirih. Manfaatnya untuk mengurangi bahaya merokok yang merugikan kesehatan. Namun sejak ada si Miu (kucing kami) pot yang ada tanaman daun sirih merah itu malah jadi tempat ngadem favoritnya, habis porak poranda.

Untunglah tetangga ada juga yang nanam tanaman obat ini, mereka memberikannya dengan senang hati. Alhamdulillah setelah mengkonsumsi daun sirih merah dengan cara :

Diminum : 7 lembar daun sirih merah, dicuci bersih lalu direbus menggunakan api kecil dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Air rebusan tersebut untuk 3x minum. Boleh ditambah gula sedikit sebagai pemanis. Simpan didalam kulkas.  

Dibalur : ambil 2- 3 lembar (atau seperlunya ) daun sirih merah lalu dibersihkan dengan air, ditumbuk
halus dan dibalurkan pada bisul. Insyaallah si bisul hilang dan gak bakal eksis lagi.


Berbagai manfaat dari tanaman Daun Sirih Merah antara lain :

Penyembuh Batuk

Berdasarkan penelitian, daun sirih merah mengandung minyak atsiri. Minyak asiri inilah yang mengusir dahak. Cara mengolahnya : ambil sekitar 10 lembar daun sirih merah yang tak terlalu tua, cuci bersih lalu rendam dengan alkohol sekitar 30 menit, kemudian rebus dengan 3-4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Boleh ditambahkan gula secukupnya sebagai pemanis. Minum 3x sehari sebanyak 1 sendok. Simpan didalam wadah yang bersih dan higenis/ steril.

Sebagai Obat Luar Untuk kesehatan Organ Kewanitaan
Mencegah dan mengobati keputihan, menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan. Caranya dengan menggunakan rebusan beberapa lembar daun sirih merah sebagai pencuci daerah kewanitaan.

Mengobati Hidung Berdarah / Mimisan
Daun Sirih Merah manjur mengobati mimisan.  Caranya : gulunglah 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkanlah pada hidung yang mimisan.

Mengobati penyakit asam urat. 
Sediakan  7 helai daun Sirih Merah lalu cuci bersih dan iris, kemudian rebus dengan air  4 gelas atau 800 ml hingga bersisa 2 gelas saja.  Selagi masih hangat minum 2x  1 hari.

Pereda Sariawan
Daun Sirih Merah membantu mengobati sariawan. Karena mengandung Vitamin C dan antiseptik. Caranya dengan mengunyah 1-2 lembar Daun Sirih Merah sampai halus, diamkan 10 menit lalu boleh dibuang .  Selama 2x sehari.

Mengobati Luka Bakar Ringan
Mengandung zat alkaloid yang merupakan sumber antioksidan, vitamin C Daun Sirih Merah mampu menghilangkan inflamasi di bagian kulit yang terbakar.  Caranya :  tumbuklah 3-5 lembar daun Sirih Merah,  tambahkan 2 sendok teh madu, lalu olesah pada luka. Sebanyak 2 kali sehari sebagai obat luar.   

Mengobati Iritasi Mata
Senyawa alkaloid daun sirih merah membantu untuk mengobati mata merah akibat iritasi. Caranya sangat mudah.  20 helai daun Daun Sirih Merah direbus  dan hasil air rebusannya  sebagai kompres dan pembasuh mata.

Untuk Gusi berdarah
Cara nya :  ambillah 10 helai daun  Sirih Merah  direbus sampai mendidih.  Air rebusan disaring kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan 3x sehari.

Mengobati Penyakit Bronkitis
Daun Sirih Merah manjur mengobati bronkitis. Ambillah 6-10 lembar Daun Sirih Merah  dan 300 ml air, rebuslah sampai setengahnya saja, lalu diminum 3x sehari. Kandungan tanin membantu untuk mengobati penyakit bronkitis .

Mengobati Akibat Gigitan Serangga
Untuk alergi akibat digigit serangga dan alergi sea food.  Rebuslah 20-30 helai daun Sirih Merah. Gunakan air rebusan itu untuk mandi.

Mengobati Radang prostat. 
Mengandung  tanin, saponin, dan hidroksicavicol berkhasiat untuk memperbaharui sel-sel pada kelenjar prostat.  Sediakan 6 helai daun Daun Sirih Merah yang masih muda, cuci sampai bersih dan iris, kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas tunggu sampai airnya mendidih bersisa 1 gelas, lalu saring dan minum 3x sehari.

Mengatasi Penyakit Darah Tinggi
Mengandung minyak atsiri dan fenol  bagi kestabilan darah. Bermanfaat bagi penderita darah tinggi dengan merebus daun Sirih Merah dan air rebusannya dicampur madu asli untuk diminum 2x sehari.

Sebagai Obat Batuk Herbal
Untuk meredakan batuk, rebuslah 5 lembar daun Sirih Merah bersama 300 ml air. Minumlah 2x sehari. Manfaat vitamin B dan C yang terkandung  dan alkaloidnya mengurangi radang penyebab batuk.

Juga untuk mengobati penyakit berat seperti :

Penyakit diabetes mellitus / penyakit kencing manis. Caranya 3 helai daun Sirih dicuci hingga bersih lalu iris halus,  rebus dengan air 3 gelas / 600 ml, didihkan hingga tersisa ½ gelas saja. Minum 1 hari  3x sebelum makan.

Baca juga : Cara Mencegah Penyakit Diabetes atau Penyakit Kencing Manis

Untuk penyakit jantung koroner, daun Sirih Merah merah  sebanyak 6 sampai 8 helai cuci bersih lalu iris. Rebus dengan 4 gelas atau 800 hingga bersisa 2 gelas kemudian disaring dan minum 2x dalam 1 hari segelas sebelum makan.

Dan masih banyak lagi manfaat daun sirih merah sebagai obat herbal yang hebat.
Namun ada anjuran bagi wanita yang belum mempunyai momongan sebaiknya jangan terlalu sering meminum air rebusannya, karena daun sirih merah mengandung antiseptik yang dapat membuat kering ovarium. Sebagai luluran, sirih merah juga bisa menghaluskan kulit.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah pernah mempunyai pengalaman secara langsung menggunakan daun sirih merah sebagai obat? Penyakit apa saja itu dan bagaimana hasilnya? Yuk kita sharing... Semoga bermanfaat bagi semua.

Yulie
Yulie

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

6 comments

Ophi Ziadah May 13, 2016 2:44 pm

waah manfaatnya keren ya mba...
sy dulu tanam yg sirih biasa, tp krn tumbuhnya kyang beraturan rambatannya lalu sy ganti..
nah yg merah ini cantik juga ya keliatannya bisa jd hiasan juga

Yulie Admin May 14, 2016 1:15 am

jadi hiasan juga cantik mak, memang banyak manfaatnya daun sirih merah ini. Aku ada nanam di pot, tapi skrg udah amburadul dimainin kucing anakku -__-

fanny fristhika nila May 16, 2016 11:11 pm

aku ingeet bgt pas kecil dulu srg ngeliat mama minum rebusan air sirih..kita jg punya tanamannya di rumah.. tp dulu ga ngerti sih apa fungsi nya minum rebusan sirih.. tp yg pasti mbak, kalo udh ngerebus itu, aku ogah masuk dapur ;p.. bau sirih nya kuat bgt.. -__- ..pernah nyoba dikit, dan sukses bikin muntah :D.. pdhl manfaatnya bnyk bgt yaa

Mama Keizha May 16, 2016 11:28 pm

hihihi pasti mamanya mbak Fanny tau banget manfaat daun sirih bagi wanita :)) , oya kalo aromanya bikin huek huek coba campurin dgn gula merah jadi rasa dan aromanya gak gitu kuat

Evi Sri Rezeki March 13, 2017 6:28 pm

Banyak ya manfaatnya. Jadi pengin nanam sirih merah ini :)

Mama Keizha March 14, 2017 5:08 pm

sangat banyak manfaatnya mba, gak rugi deh kalo nanam sirih merah :D

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁