Saturday, April 23, 2016

Jenis Jenis Kepiting Dan Nama Latinnya

3 comments
Jenis Jenis Kepiting Dan Nama Latinnya

Kepiting tentu sangat banyak yang menyukainya. Dagingnya sangat lezat dan mempunyai rasa khas manis gurih serta beraroma menggugah selera jika dimasak. Walau pun saat menikmatinya kita harus ribet dengan kulit cangkangnya dan kakinya, tapi itu bukanlah sebuah masalah demi bisa menikmati daging kepiting yang lezaaat.. Hmm yummy

Tapi taukah kita, ternyata ada banyak jenis-jenis kepiting?. Beberapa diantaranya saya rangkum dalam tulisan ini, yang diambil dari berbagai sumber.


Kepiting Velvet

portunus puber

Dikenal dengan nama latin "portunus puber". Cirinya, berukuran 3 sampai 6 inchi. Kulitnya berwarna coklat kemerahan dan memiliki bercak kebiruan. Pada bagian kulit dan kakinya ditumbuhi bulu-bulu halus. Capitnya sangat kuat.


Kepiting Pasifik (cancer magister)

Kepiting Pasifik (cancer magister)

 Kulitnya berwarna kecoklatan. Beratnya bisa mencapai 1 - 2 kg. Termasuk dalam keluarga kepiting batu Atlantik yang tinggalnya di air dingin. Kepiting jenis ini sering dijual dalam keadaan masih hidup atau sudah dimasak dalam bentuk kalengan. Bahkan dagingnya sering dikonsumsi dalam keadaan segar.


Kepiting Atlantik (cancer pagurus)


Berkulit lembut dan berwarna coklat kemerahan. Hidup dibawah permukaan air laut dibawah bebatuan. Saat masih anakan, mempunyai ukuran 10-20 cm dan ketika dewasa berukuran 40 cm. Aroma dagingnya sangat tajam. Kepiting ini disebut juga Edible Crab.


Kepiting Spider (maia squinado)

Kepiting Spider (maia squinado)

Berwarna merah kuning dan kecoklatan. Hidup didasar laut yang berpasir hingga 5 meter dibawah permukaan laut. Disebut juga Spinny Crab karena kulitnya berbentuk hati memanjang serta kaki yang menyerupai laba-laba. Kepiting betina mempunyai daging yang lebih beraroma dari yang jantan.


Kepiting Hijau (carcinus maenas )

Kepiting Hijau (carcinus maenas )

Dagingnya sangat sedikit, berkulit hijau dan jarang beredar dipasaran. Kepiting ini sangat umum ditemukan di daerah pesisir pantai.


Kepiting Salju (chionoecetes opilio)

Kepiting Salju (chionoecetes opilio)

Badannya bulat dengan ujung bawah melebar. Termasuk keluarga kepiting spider. Kulitnya berwarna jingga kecoklatan. Kepiting salju hidup di air dingin di kedalaman 58 meter dibawah permukaan laut. Yang sering dijadikan tangkapan adalah jenis jantan karena lebih besar ukurannya.
Dipasaran kepiting jenis ini dikenal dengan merk kepiting queen. Tapi kini dikenal sebagai kepiting salju didaerah Asia.


Kepiting Biru (callinectes sapidus)

Kepiting Biru (callinectes sapidus)

Dikenal juga sebagai Atlantic Blue Crab. Sangat populer di Amerika, bahkan penjualannya menguasai hampir setengah dari kepiting kepiting di Amerika dan kini telah ada diperairan Eropa. Dagingnya sangat manis dan lezat.


Begitulah beberapa jenis jenis kepiting.  Untuk di Indonesia sendiri tidak ada spesifikasi dalam penjualan kepiting segar. Biasanya kepiting betina yang banyak dipilih karena telurnya dan dagingnya lebih banya dari kepiting jantan. Ciri dari kepiting betina, bagian tubuhnya berbentuk kuba melengkung, sedang yang jantan berbentuk V terbalik.

Semoga bermanfaat...
Yulie
Yulie

Bukan blogger tulen apalagi penulis beken. Hanya seorang Ibu Rumah Tangga yang mencoba berbagi tulisan melalui blog ini. Civil Engineer yang hobi masak, membaca dan coding.

3 comments

fanny fristhika nila April 26, 2016 12:54 am

aku jd bingung kepiting yg sering dibawa papaku waktu masih kerja di papua apaan yaa... itu kepiting terbesar yg pernah aku makan mbak.. guedeee byangeett. capitnya aja segede lengan anak balita montok. 1 ekor bisa dimakan ama 4 org saking gede dan tebel dagingnya.. skr papa udh pensiun dari papua jd ga pernah bawain kita kepiting gitu lagi :(

Yulie Admin April 26, 2016 2:53 am

oh iya pernah denger, sering disebut kepiting papua ya kalo gak salah? pernah denger aja sih tp blm pernah nyobain... pasti rasanya maknyus banget ya :)) kepiting paling gede yg pernah aku makan paling cuma segede piring =__=

Adriana Dian May 14, 2017 10:20 pm

Wah banyak juga ya mak macamnya kepiting.. Kabarnya yang biru itu harganya mahal kan yaaa

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan, agar saya bisa balas berkunjung. Komentar spam dan mengandung link hidup/mati, akan langsung dihapus. 🔁